Wednesday, April 20, 2016

Tips untuk memulai bisnis tanpa modal

  

  Banyak orang bilang uang tidak menjamin kebahagian tapi dengan uang akan mempermudah segalanya, kalimat ini sangatlah tepat. Oleh karena itu, semakin tahun persaingan pencaker (pencari kerja) di negeri ini semakin ketat sehingga mencari pekerjaan menjadi sangatlah sulit. Bahkan, sudah menjadi rahasia umum jika kita ingin diterima bekerja kita harus memberi uang ADM (nyogok) kepada pihak tertentu, kadang ada yang benar-benar masuk kerja dan tidak sedikit pula yang tertipu. 

    Sebenarnya mencari uang tidaklah harus selalu kerja di pabrik atau perusahaan. kita bisa memulai berwirausaha. memang hasil awalnya mungkin tidak akan sebesar gaji jika bekerja di perusahaan. Namun, jika ditekuni mungkin bisa menjadi jalan rezeki bagi Anda. 
  

   Banyak sekali jenis usaha yang bisa dilakukan, misalnya catering, laundry, warnet, buka toko pakaian dan lain-lain, yang tentunya usaha tersebut membutuhkan banyak modal. Tetapi, bagaimana jika anda hanya memiliki sedikit modal atau bahkan tidak sama sekali? Berikut ini adalah tips-tips bagi Anda yang ingin memulai usaha tanpa modal:

1. Manfaatkan Internet
    Ketika Anda mengatakan tidak memiliki modal, maka menurut saya dengan memiliki internet saja itu sudah menjadi modal awal. Manfaatkan internet Anda, carilah supplier atau distributor barang yang akan Anda jual misal baju, sepatu, tas, dan lain-lain. 

2. Carilah supplier yang bisa dropship 
    Dropship adalah suatu sistem dimana pihak supplier yang akan mengirimkan barang ke pembeli ketika kita berhasil menjual produk supplier tersebut. Yang kita lakukan hanyalah memberi tahu bahwa produknya terjual, lalu mentransferkan sejumlah uang sesuai pesanan pembeli, dan memberikan alamat si pembeli.

3. Tidak ada minimal pembelian
     Carilah supplier yang apabila kita ingin menjadi resellernya, kita tidak perlu melakukan minimal pembelian. Ada beberapa supplier yang menetapkan persyaratan yang apabila kita akan menjadi resellernya kita perlu membeli produknya terlebih dahulu misal minimal 5 buah produknya baru setelah itu kita bisa menjadi resellernya. hal seperti itu akan menjadi mudah jika kita memiliki modal, namun jika kita tidak memiliki modal carilah yang tidak ada minimal pembeliannya untuk jadi reseller

4. Carilah supplier yang menerima retur 
    Retur adalah pengembalian barang dagang yang diketahui memiliki cacat. contohnya, kita sudah memesan suatu produk untuk pembeli kita ternyata setelah barang tersebut sampai ada cacat di produk tersebut (misal untuk kaos, ada bagian yang tidak terjahit atau bolong). Supplier yang menerima retur akan menerima produk yang cacat tersebut dan menggantinya dengan yang tidak ada kecacatan. Perlu diingat, biasanya sistem retur ini berlaku 1x24 jam setelah produk sampai. Oleh karena itu, periksalah produk jualan anda sebelum memberikan kepada pembeli agar Anda tidak mengecewakan pembeli.

5. Jual produk teman 
    Menurut saya cara ini yang paling mudah. Jika anda memiliki teman yang berjualan seperti baju atau makanan maka cukup katakan bahwa Anda ingin bergabung dengan usahanya. Ingat, meski teman Anda sekalipun bersikaplah profesional dan bertanggung jawab dalam berbisnis.

6. Pemasaran
   Anda bisa menggunakan sosial media yang anda miliki untuk mempromosikan produk anda. seperti kita ketahui banyak sekali orang yang berjualan di facebook, instagram, dan sosial media lainnya.

   Tips-tips yang saya sebutkan diatas adalah tips untuk memulai usaha terutama usaha online atau Online Shop. Berdagang atau berwirausaha selain mendatangkan uang, kita juga bisa menjalin silaturahim dengan banyak orang. Satu hal yang pasti dalam memulai usaha terutama berjualan yaitu JANGAN MALU, dan tentunya jangan lupa berdoa karena usaha tanpa doa adalah bentuk kesombongan.



- catatan:
supplier  : penyedia barang
reseller   : penjual

No comments:

Post a Comment