Tuesday, April 12, 2016

Mengobati Sinusitis

   

  Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus. Sinus sendiri adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.
Gejala pada sinusitis adalah:
- Sakit kepala
- Hidung tersumbat/berair
- flu/demam
- sakit kuping
- Sakit pada bagian wajah terutama rahang pipi dan sakit apabila ditekan.
Penyebab paling umum adalah infeksi virus, terutama virus flu. Gigi yang terinfeksi juga bisa membuat sinus ikut terinfeksi.
    Saya juga termasuk penderita sinusitis meski tidak parah. Gejala yang saya alami hampir serupa dengan gejala di atas yaitu nyeri pada rahang pipi sebelah kiri, pusing, dan hidung tersumbat. Pada awalnya saya hanya mendatangi klinik untuk berobat. Saat itu, dokter memberi obat alergi, obat nyeri, dan antibiotik.
    Meski ada kemajuan setelah berobat dari klinik, namun karena teringat teman-teman yang memiliki penyakit yang sama dan harus dioperasi, saya pun memutuskan untuk berobat ke rumah sakit. Saya penasaran, seberapa parah sinus saya, akhirnya saya dirontgen. Ternyata sinus bagian kiri saya berlendir sedangkan sinus bagian kanan saya normal. Selain memberikan obat, seperti gambar di bawah.

    Dokter THT saya menyarankan untuk mencuci hidung dengan air garam, caranya:
- Ambil segelas air hangat
- beri 1/4 sendok teh garam, aduk.
   Kemudian hisap air tersebut dengan hidung, karena sinus saya hanya sebelah kiri maka saya hanya menghisap dengan hidung sebelah kiri. Cukup perih seperti kemasukan air saat berenang. Tapi cara ini cukup efektif untuk mengeluarkan lendir di hidung saya yang mampet. Saya melakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari. Selain itu, dokter juga menyarankan untuk menghindari minum es, asap rokok, dan apapun yang membuat saya alergi seperti debu dan dingin. 
    Atas izin Allah sinus saya makin membaik, namun saya tetap melakukan kegiatan mencuci hidung meski hanya sehari sekali. 

Semoga bermanfaat dan lekas sembuh. 

4 comments:

  1. Keren nung, pake pengalaman pribadi ya hehe
    Dr judulnya wi kira mau bahas ttg medisnya. Lanjutkan nung, artikel2 ttg testimoni pasien thdp pengobatan medisnya

    ReplyDelete
  2. Keren nung, pake pengalaman pribadi ya hehe
    Dr judulnya wi kira mau bahas ttg medisnya. Lanjutkan nung, artikel2 ttg testimoni pasien thdp pengobatan medisnya

    ReplyDelete
  3. waah.. soal medisnya mah bagian wiwi itu mah :D
    iya, ini mah sekedar berbagi aja buat yang pengen sembuh sinus wi..

    ReplyDelete