Wednesday, April 20, 2016

Tips untuk memulai bisnis tanpa modal

  

  Banyak orang bilang uang tidak menjamin kebahagian tapi dengan uang akan mempermudah segalanya, kalimat ini sangatlah tepat. Oleh karena itu, semakin tahun persaingan pencaker (pencari kerja) di negeri ini semakin ketat sehingga mencari pekerjaan menjadi sangatlah sulit. Bahkan, sudah menjadi rahasia umum jika kita ingin diterima bekerja kita harus memberi uang ADM (nyogok) kepada pihak tertentu, kadang ada yang benar-benar masuk kerja dan tidak sedikit pula yang tertipu. 

    Sebenarnya mencari uang tidaklah harus selalu kerja di pabrik atau perusahaan. kita bisa memulai berwirausaha. memang hasil awalnya mungkin tidak akan sebesar gaji jika bekerja di perusahaan. Namun, jika ditekuni mungkin bisa menjadi jalan rezeki bagi Anda. 
  

   Banyak sekali jenis usaha yang bisa dilakukan, misalnya catering, laundry, warnet, buka toko pakaian dan lain-lain, yang tentunya usaha tersebut membutuhkan banyak modal. Tetapi, bagaimana jika anda hanya memiliki sedikit modal atau bahkan tidak sama sekali? Berikut ini adalah tips-tips bagi Anda yang ingin memulai usaha tanpa modal:

1. Manfaatkan Internet
    Ketika Anda mengatakan tidak memiliki modal, maka menurut saya dengan memiliki internet saja itu sudah menjadi modal awal. Manfaatkan internet Anda, carilah supplier atau distributor barang yang akan Anda jual misal baju, sepatu, tas, dan lain-lain. 

2. Carilah supplier yang bisa dropship 
    Dropship adalah suatu sistem dimana pihak supplier yang akan mengirimkan barang ke pembeli ketika kita berhasil menjual produk supplier tersebut. Yang kita lakukan hanyalah memberi tahu bahwa produknya terjual, lalu mentransferkan sejumlah uang sesuai pesanan pembeli, dan memberikan alamat si pembeli.

3. Tidak ada minimal pembelian
     Carilah supplier yang apabila kita ingin menjadi resellernya, kita tidak perlu melakukan minimal pembelian. Ada beberapa supplier yang menetapkan persyaratan yang apabila kita akan menjadi resellernya kita perlu membeli produknya terlebih dahulu misal minimal 5 buah produknya baru setelah itu kita bisa menjadi resellernya. hal seperti itu akan menjadi mudah jika kita memiliki modal, namun jika kita tidak memiliki modal carilah yang tidak ada minimal pembeliannya untuk jadi reseller

4. Carilah supplier yang menerima retur 
    Retur adalah pengembalian barang dagang yang diketahui memiliki cacat. contohnya, kita sudah memesan suatu produk untuk pembeli kita ternyata setelah barang tersebut sampai ada cacat di produk tersebut (misal untuk kaos, ada bagian yang tidak terjahit atau bolong). Supplier yang menerima retur akan menerima produk yang cacat tersebut dan menggantinya dengan yang tidak ada kecacatan. Perlu diingat, biasanya sistem retur ini berlaku 1x24 jam setelah produk sampai. Oleh karena itu, periksalah produk jualan anda sebelum memberikan kepada pembeli agar Anda tidak mengecewakan pembeli.

5. Jual produk teman 
    Menurut saya cara ini yang paling mudah. Jika anda memiliki teman yang berjualan seperti baju atau makanan maka cukup katakan bahwa Anda ingin bergabung dengan usahanya. Ingat, meski teman Anda sekalipun bersikaplah profesional dan bertanggung jawab dalam berbisnis.

6. Pemasaran
   Anda bisa menggunakan sosial media yang anda miliki untuk mempromosikan produk anda. seperti kita ketahui banyak sekali orang yang berjualan di facebook, instagram, dan sosial media lainnya.

   Tips-tips yang saya sebutkan diatas adalah tips untuk memulai usaha terutama usaha online atau Online Shop. Berdagang atau berwirausaha selain mendatangkan uang, kita juga bisa menjalin silaturahim dengan banyak orang. Satu hal yang pasti dalam memulai usaha terutama berjualan yaitu JANGAN MALU, dan tentunya jangan lupa berdoa karena usaha tanpa doa adalah bentuk kesombongan.



- catatan:
supplier  : penyedia barang
reseller   : penjual

Tuesday, April 12, 2016

Mengobati Sinusitis

   

  Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus. Sinus sendiri adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.
Gejala pada sinusitis adalah:
- Sakit kepala
- Hidung tersumbat/berair
- flu/demam
- sakit kuping
- Sakit pada bagian wajah terutama rahang pipi dan sakit apabila ditekan.
Penyebab paling umum adalah infeksi virus, terutama virus flu. Gigi yang terinfeksi juga bisa membuat sinus ikut terinfeksi.
    Saya juga termasuk penderita sinusitis meski tidak parah. Gejala yang saya alami hampir serupa dengan gejala di atas yaitu nyeri pada rahang pipi sebelah kiri, pusing, dan hidung tersumbat. Pada awalnya saya hanya mendatangi klinik untuk berobat. Saat itu, dokter memberi obat alergi, obat nyeri, dan antibiotik.
    Meski ada kemajuan setelah berobat dari klinik, namun karena teringat teman-teman yang memiliki penyakit yang sama dan harus dioperasi, saya pun memutuskan untuk berobat ke rumah sakit. Saya penasaran, seberapa parah sinus saya, akhirnya saya dirontgen. Ternyata sinus bagian kiri saya berlendir sedangkan sinus bagian kanan saya normal. Selain memberikan obat, seperti gambar di bawah.

    Dokter THT saya menyarankan untuk mencuci hidung dengan air garam, caranya:
- Ambil segelas air hangat
- beri 1/4 sendok teh garam, aduk.
   Kemudian hisap air tersebut dengan hidung, karena sinus saya hanya sebelah kiri maka saya hanya menghisap dengan hidung sebelah kiri. Cukup perih seperti kemasukan air saat berenang. Tapi cara ini cukup efektif untuk mengeluarkan lendir di hidung saya yang mampet. Saya melakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari. Selain itu, dokter juga menyarankan untuk menghindari minum es, asap rokok, dan apapun yang membuat saya alergi seperti debu dan dingin. 
    Atas izin Allah sinus saya makin membaik, namun saya tetap melakukan kegiatan mencuci hidung meski hanya sehari sekali. 

Semoga bermanfaat dan lekas sembuh. 

Monday, April 11, 2016

Mengobati Sakit Kencing pada Perempuan

  Belum lama ini saya mengalami sakit saat BAK atau kencing. Rasanya benar-benar mengganggu. Selain merasa sakit, miss V pun terasa gatal dan perih ditambah rasa mulas yang membuat saya bolak-balik kamar mandi meski mulas tersebut hanyalah mulas palsu efek dari gatalnya miss V.
   Atas saran dari ibu saya dan googling, beberapa hal yang saya lakukan untuk mengobati sakit yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya tapi amat sangat mengganggu ini, adalah:

1. Kompres bagian bawah perut dengan air hangat



    Mengompres perut efektif untuk menghilangkan rasa mulas dan pegal seperti ingin buang air kecil. Cukup ambil air hangat, masukan ke dalam botol, dan letakkan botol tersebut di bagian bawah perut. Jika air terasa terlalu panas, tutup botol tersebut dengan kain lalu letakan kembali dibawah perut.
    mengompres dengan menggunakan kain basah yang dicelupkan ke air hangat juga tidak masalah. hanya saja menurut saya, jika dengan cara seperti ini efek hangatnya cepat hilang. Jadi, saya lebih memilih cara yang pertama. Botol yang saya gunakan pun botol kaca bekas sirup karena akan menahan suhu panas cukup lama. Atau, akan jadi lebih baik jika Anda memiliki alat kompres seperti di gambar.

2. Minum Air Soda


    Anda bisa mendapatkan air soda tersebut di warung-warung, harganya berkisar antara Rp. 5.000-Rp. 5.500/botol. Biasanya, saya mencampurkan air soda tersebut dengan susu karena soda tersebut tidak enak jika diminum tanpa campuran apapun. Seperti terlihat pada gambar, saya menggunakan susu raos sebagai campuran. Ingat kan susu raos? minuman susu legendaris asal Indonesia. Anda bisa mencampurkan apapun yang anda suka sesuai selera. Satu botol soda saya minum untuk dua kali konsumsi. Jadi, saat pagi saya meminumnya saya hanya minum setengahnya dan setengahnya lagi untuk sore atau malam. Efeknya, bisa mengurangi rasa sakit saat buang air kecil (BAK).

3. Membersihkan miss V dengan Albothyl concentrate


    Maaf sebelumnya, disini saya tidak mengiklankan suatu produk, saya sedang berbagi tips. Selain ampuh sebagai obat sariawan. Albothyl mampu mengatasi infeksi (bakteri, jamur) pada miss V. Saya menggunakan produk ini untuk menghilangkan gatal-gatal pada miss V. Caranya:
- Bersihkan miss V terlebih dahulu dengan Albothyl yang sudah diteteskan ke dalam seperempat gayung (200ml), cukup 10-15 tetes.
- Oleskan Albothyl pada daerah miss V yang gatal dengan cara meneteskan Albothyl pada cotton bud dan tekan pada bagian miss V yang terinfeksi selama setengah menit.
    Cara ini sangat perih tapi sangat manjur.

4. Banyak minum air putih


    Memang sudah seharusnya,baik dalam keadaan sehat maupun sakit, seseorang harus minum air putih minimal 8 gelas sehari. Banyak manfaat yang dirasakan dengan meminum banyak air putih. Tidak hanya untuk kesehatan tapi untuk kecantikan kulit juga. Dalam hal ini, minum banyak air putih dapat melancarkan BAK.

5. Tidak Memakai Celana Ketat


    Saat merasakan sakit pada bagian miss V lebih baik jangan menggunakan celana yang ketat, karena akan memberikan tekanan pada bagian perut dan miss V sendiri sehingga semakin terasa sakit dan tidak nyaman. Lebih baik menggunakan rok (yang tentunya tidak ketat) karena akan membuat anda lebih nyaman.

6. Obat


    Jika menurut anda cara-cara diatas tidak efektif, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri pada dokter. Selain melakukan cara-cara di atas, saya pun mengonsumsi obat-obatan untuk mempercepat proses penyembuhan. 
Sekian. Semoga Bermanfaat.

Note: Sebagian gambar diambil dari Google.

Sunday, April 10, 2016

Obat Herbal untuk Bayi

   Sakit bisa terjadi pada siapa saja tua, muda, dewasa bahkan bayi sekalipun. Siapa sih yang tidak khawatir saat si kecil sakit.. iya kan bunda? naah.. Disini akan dibahas beberapa obat herbal yang patut dicoba saat bayi anda sakit karena sebagai orang tua kita juga tentunya tidak ingin anak kita terlalu banyak mengonsumsi obat-obat kimia.

1. Daun Saga


1. Tanaman Saga
  Pohon saga (begitulah kami, orang jawa barat, menyebutnya) merupakan sejenis tanaman merambat dengan daun seperti daun petai dan buahnya seperti kacang-kacangan berwarna hitam merah. Daun ini berguna untuk mengobati batuk, sariawan, bahkan menambah nafsu makan pada balita. Cara membuat obat dari daun ini cukup mudah yaitu:
- ambil segenggam daun saga
- cuci pakai air
- simpan dalam mangkok
- tambahkan kira-kira seperempat gelas air matang pada mangkok tersebut
- lalu remas-remas daun saga tersebut hingga air berwarna hijau.
- buang ampas daun saga
- minumkan air saga tersebut kepada bayi anda, 1 - 3x sehari
 Daun ini tidak hanya manjur pada bayi, tapi orang dewasa pun bisa menggunakan daun ini untuk mengobati batuk atau sariawan.

2. Daun Jarak

2. Daun Jarak

 Daun jarak ini cukup mudah ditemukan bagi masyarakat perkampungan, Daun ini dimanfaatkan saat bayi anda mencret. Penggunaan daun ini pada bayi memang sangat tradisional, namun patut dicoba karena anda pasti tidak akan tega jika bayi Anda meminum obat kimia. Caranya:
- Ambil satu lembar daun jarak
- cuci bersih
- buat layu daun saga dengan memanggangnya sebentar di atas api kompor. Ingat, sampai layu saja jangan sampai terbakar apalagi hangus.
- beri minyak kelapa pada daun yang sudah layu tersebut, lalu remas sebentar.
- tempelkan daun tersebut pada perut bayi anda.
 Biasanya hal ini dilakukan setelah memandikan bayi, sebelum anda memakaikan gurita letakanlah daun jarak tersebut sehingga daun tersebut tidak akan lepas meski si bayi tidak bisa diam sekalipun karena terletak dibawah ikatan gurita.

3. Bawang Merah
3. Bawang Merah

    Bawang merah tentunya bukan hal yang asing bagi anda ibu muda sekalipun. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata bawang merah ini sering digunakan untuk mengerik bayi dan menurunkan panas.
    Untuk mengerik bayi atau balita biasanya bawang ini digunakan dengan cara membelah bawang menjadi 2 bagian bisa dikupas dulu atau tidak kulit luarnya. Lalu gunakan minyak kelapa atau minyak sayur untuk mengerik bayi.
   Untuk menurukan panas:
- ambil 1 buah bawang merah yang cukup besar
- kupas, bersihkan lalu parut bawang tersebut
- campurkan minyak kelapa
- lalu sedikit asem (yang sudah diolah, berwarna hitam, biasanya ada di tukang sayur)
  Campurkan ketiga bahan tersebut, Kemudian balurkan ke seluruh badan bayi termasuk ubun-ubun.

4. Daun Cabai
4. Daun Cabai
 
  Seperti bawang, cabai juga bukan hal asing bagi ibu rumah tangga. Selain buahnya yang sering digunakan sebagai bumbu masak, daun cabai ternyata dapat digunakan untuk mengobati mencret pada bayi. Kata orang tua, seorang bayi jika akan tambah pintar (seperti akan bisa merangkak, duduk, berjalan, tumbuh gigi, tumbuh gigi dan sebagainya) selalu mengalami sakit berupa panas dan mencret, mencretnya pun tidak biasa, feses atau kotorannya berwarna kehijauan dan teksturnya seperti biji cabai. Di kampung saya, hal ini disebut 'indah', entah kenapa disebut seperti itu, saya juga bingung.
Cara mengatasinya:
- Ambil beberapa lembar daun cabai
- bersihkan
- ambil sedikit kapur sirih
- campur kapur sirih dengan daun cabai,
- remas-remas dengan dua tangan hingga kapur sirih tersebut berwarna kehijauan karena tercampur dengan sari daun cabai.
- oleskan pada perut dan punggung bayi.

5. Daun Putri Malu
5. Daun Putri Malu


     Daun putri malu merupakan tanaman merambat berdaun kecil-kecil dan sangat unuk karena ketika kita menyentuh daunnya, maka daunnya akan menutup secara tiba-tiba. Tanaman ini memiliki efek untuk menenangkan bayi sehingga bayi bisa tertidur pulas.
Caranya cukup mudah:
- ambil segenggam putri malu
- bersihkan
- tumbuk daun tersebut, bisa menggunakan palu.
- Ingat, jangan terlalu lembut, tumbuk kasar saja.
- letakan daun putri malu yang sudah ditumbuk pada ubun-ubun bayi.
  Ketika melakukan hal ini, bayi harus dalam keadaan di bedong, agar tidak membuat gerakan yang bisa membuat daun putri malu jatuh.

6. Panglay atau bangle

6. Tanaman Panglay atau Bangle

    Panglay atau bangle adalah salah satu jenis tanaman rempah yang bisa kita tanam sendiri. tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk bayi, diantaranya: mengobati gatal-gatal, masuk angin bahkan ketika si kecil 'didekati' makhluk halus tanaman ini dipercaya mampu mengusir makhluk tersebut.
Caranya cukup mudah:
- ambil buah panglay
- bersihkan
- parut dan beri sedikit air
Jika gatal-gatal, balurkan ke seluruh badan bayi. sedangkan jika hanya masuk angin balurkan pada perut, punggung dan kaki.

  Beberapa tips diatas, merupakan tips dari ibu, nenek, dan mertua. Saya sendiri benar-benar mempraktekan tips-tips diatas dan memang terbukti meski hasilnya tidak instan, Meski sangat tradisional tapi tidak ada salahnya untuk dicoba apabila bunda tidak tega memberikan obat kimia pada bayi bunda. Semoga bermanfaat.