Tuesday, December 13, 2016

Menghapus File Thumbnails pada Android

    File thumbnails adalah suatu file yang berfungsi agar galeri Anda cepat membaca foto. File ini terletak di folder DCIM dan tersembunyi, hanya bisa dibaca saat Android Anda tersambung dengan laptop/PC. Ukurannya bermacam-macam, bisa besar bisa kecil. Semuanya tergantung dari seberapa banyak foto yang Anda simpan.

    Sebenarnya keberadaan file ini tidak terlalu menganggu, hanya saja cukup memakan memori Gadget. Sepertinya sudah jadi masalah umum bagi pengguna Android yang kebingungan karena merasa memori sering full padahal aplikasi sedikit. Bisa jadi, besarnya ukuran file Thumbnails menjadi salah satu penyebabnya.

    Menghapus file thumbnails akan lebih mudah jika filenya tidak tersembunyi atau bisa diubah filenya menjadi terlihat tanpa harus disambungkan ke PC. Mudah bagi Anda yang memiliki laptop/PC untuk menghapusnya. Tapi bagaimana dengan yang tidak punya laptop (seperti saya)? Hiks.. T_T

    Setelah searching kesana-sini, akhirnya saya mendapatkan cara yang cocok, yaitu cukup download saja aplikasi Explorer di Google Playstore. Saya lingkari merah tampilan aplikasinya pada gambar di bawah ini.



    Setelah terinstall, maka Anda bisa melihat semua file di Gagdet Anda pada aplikasi ini. Bahkan file yang awalnya berbentuk "hidden" akan terlihat.



     Untuk menghapus file Thumbnails, cari folder DCIM, maka akan Anda temukan file tersebut.


    Cukup tekan folder Thumbnails agak lama hingga muncul bar seperti di bawah ini. Pilih yang berbentuk tempat sampah.

    Tekan yes. Maka File Thumbnails Anda akan terhapus. 



    Aplikasi Eksplores ini tidak menghapus file Thumbnails selamanya, namun mempermudah Anda untuk menghapus file Thumbnails tanpa melalui laptop/PC.

Sekian tips yang sangat sederhana ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment